SEKOLAH DASAR INTERNASIONAL DI JAKARTA

Share |

oleh: LESIAWATY, IKA
Abstrak

Jakarta sebagai ibukota negara yang merupakan pusat kegiatan perekonomian dan politik di Indonesia, memiliki banyak penduduk warga negara asing dari berbagai negara yang bertugas dan bekerja di Jakarta. Warga negara asing tersebut bertugas di Jakarta dalam rangka waktu yang cukup lama sebagai anggota perwakilan diplomatik, teknisi pada pemerintahan RI, teknisi pada perusahaan asing di Indonesia ataupun anggota perwakilan lain.

Berdasarkan statistik DKI Jakarta tahun 2000 bahwa warga negara asing yang ada di Jakarta berjumlah 5.234 jiwa. Dari jumlah tersebut 445 jiwa (31%) berusia 7-11 tahun atau seusia sekolah dasar. Keberadaan anak warga negara asing tersebut karena mengikuti orang tua mereka. Untuk mendukung kebutuhan pendidikan bagi anak-anak tersebut perlu disediakan sarana pendidikan yang berupa sekolah dasar internasional. Sekolah dasar internasional yang disediakan harus sesuai dengan karakter anak yang ditampung dan kegiatan yang akan diwadahi, dapat menampung siswasiswa dari berbagai negara di seluruh dunia dan sebagai salah satu sarana pengenalan kekayaan alam Indonesia serta berkesan informal dan ramah, bebas-disiplin, aktifkreatif, akrab dan mandiri sehingga anak-anak WNA tersebut merasa nyaman, aman, aktif dan kreatif. Untuk itu direncanakan sekolah dasar internasional yang dapat memenuhi kriteria di atas dengan bentuk bangunan berkesan modern, disesuaikan dengan karakter siswa yang diwadahi dan iklim tropis Indonesia yang direncanakan berlokasi di Jakarta.

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbayati, 1991, Ilmu Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Arkonim Consultants, 1995, Presentasi Proyek Sekolah Citra Bakti, PT. Citraland
Surya, Jakarta.
Brubaker, William C, dkk, 1998, Planning and DesigningSchool, Mc Graw-Hill,
New York
D.K. Ching, Francis, 1971, Arsitektur: Bentuk, Ruang dan Susunannya, Penerbit
Erlangga, Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1960, Pendidikan, Pengajaran dan
Pengawasan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 155, PN. Balai
Pustaka, Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1975, Pedoman Pelaksanaan Pendirian
dan Penyelenggaraan Sekolah Perwakilan Diplomatik, Sekolah Gabungan
Perwakilan Diplomatik dan Sekolah Internasional di Indonesia No.
0184/O/1975, PN. Balai Pustaka, Jakarta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1988, Kurikulum Sekolah Menengah
Umum, Landasan, Program dan Pengembangan, PN. Balai Pustaka, Jakarta.
Doelle, Leslie L, 1985, Akustik Lingkungan, Erlangga, Jakarta.
Institute of America, 1971, The New Glorier Webster International Dictionary of
English Language, Volume II, The English Language Institute of America,
Amerika.
Kartini, Kartono, 1982, Perkembangan Anak, Bandung.
Menteri Luar Negeri, Menteri P dan K, dan Menteri Keuangan RI, 1975, Keputusan
Bersama Menteri Luar Negeri (No. SP/817/PD/XI/75), Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan (No. 060/O/1975) dan Menteri Keuangan (No. KEP. 354a/
II/4/1975), Jakarta.
Parke, Ross D, 1986, Child Psychology, Mc.Graw-Hill, Singapore.
Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, 2000, Jakarta dalam Tahun 2000, Jakarta.
Rajak Husain, Abdul, 1995, Penyelenggaraan Sistim Pendidikan Nasional, CV.
Aneka, Jakarta.